Sharing With Human 01: Sudut Pandang

           Perselisihan dan perdebatan adalah sesuatu yang gak bisa jauh dari kita. Semua hal itu sering banget terjadi di kehidup...

          

Perselisihan dan perdebatan adalah sesuatu yang gak bisa jauh dari kita. Semua hal itu sering banget terjadi di kehidupan kita. Mulai dari lingkup pertemanan sampai lingkup yang lebih luas lagi, yaitu di lingkup jejaring atau media sosial. Coba pikir deh, ada berapa permasalahan yang munculin perdebatan setiap harinya? Atau hitung deh, berapa jumlah orang yang punya pendapat mereka masing-masing lewat konten atau komentar-komentar di media sosial? Emang kurang kerjaan sih kalo di pikir-pikir, tapi pasti banyak banget kan? (Masa sih). Terus pernah gak sih kalian pikir setelah baca pendapat sama komentar itu kalo mereka berasa yang paling benar? Ya walau kadang kita juga ngerasa sih pendapat itu benar adanya.

Nah, hal ini yang sering terjadi di Indonesia, makin banyak orang buat konten yang sifatnya publik dan banyak orang yang bakal konsumsi, makin banyak juga komentar yang didapetin. Tapi kalo dilihat dari rata-rata yang terjadi di Indonesia justru komentar yang sifatnya kurang respect. Ini nyata, coba deh kalian cari sendiri di Instagram, Facebook, Twitter, Line, Youtube atau media sosial lain, cari deh yang ada konten sama isinya terus liat komentarnya. Pasti ada aja yang koar-koar gak jelas. Gak jarang juga sih setelah banyak orang yang komentar tentang pendapat mereka masing-masing di konten itu, malah muncul perdebatan, aneh kan? Gua yakin padahal yang buat konten niatnya itu bukan mau bikin sebuah forum kayak acara Indoesia Lawyer Club di kolom komentarnya (Kecuali emang niat nya mau bikin konten kontroversi). Siapa tau kalo si pembuat konten niat nya mau jual buah online, eh gara-gara banyak komentar begitu jadi langsung tutup lapak, buah nya gak laku, akhirnya jadi kasian kan keluarganya makan apa nanti? (Oke bodoamat).


Kepikiran gak sejauh ini hal apa yang bisa buat kebanyakan orang di Indonesia bisa begitu? Kalo menurut gua sendiri masalahnya cuma 1, SUDUT PANDANG, kenapa? Alasannya simpel, karena setiap orang punya perspektif atau pendapat yang berbeda-beda terhadap “sesuatu” yang dilihat, didengar ataupun dirasakannya, apalagi tentang sebuah konten. Nah yang barusan tadi, itu salah satu contoh SUDUT PANDANG dari gua.

Bahas satu persatu dulu, okay?

Sebelum itu, gua mau kasih tau dulu kalo ada sebuah survey dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), yang mengungkapkan bahwa pengguna Internet di Indonesia mencapai 63 juta orang, terus dari angka tersebut 95 persen nya itu pengguna media sosial (Buset). Apalagi menurut mereka (Kemkominfo) situs media sosial yang paling banyak diakses itu Facebook dan Twitter. Terus ada yang bikin kaget sih sebenernya, survey itu juga bilang kalo Indonesia menempati peringkat ke-4 pengguna Facebook dan peringkat ke-5 pengguna Twitter terbanyak di dunia, bisa dibilang kategori survey yang “kaget anjir”. Dari presentase sama peringkatnya aja bisa kita nilai seberapa maniaknya orang Indonesia sama media sosial. Kalian semua tau gak, kalo orang yang kasih komentar di media sosial itu awalnya kebanyakan dari sebuah status? Terus coba lihat lagi deh, situs web yang kebanyakan diakses oleh orang Indonesia menurut survey tadi itu kan situs web yang jadiin media tulisan sebagai konten utamannya, nah berarti wajar kebukti kan banyak orang yang memulainya dengan ‘menulis status’, lalu datanglah komentar, terutama di Facebook sama Twitter. Jadi jaman sekarang kalo ada pepatah mungkin ya bunyinya begini, “Berstatus status dahulu dapat komentar kemudian”.

Buset ya.

Kalo bawa pengalaman, gua juga dulu sering banget nulis status di Facebook, Twitter atau timeline Line. Karena dulu masih dalam kategori anak alay dan statusnya pun bukan berupa konten yang berisi, jadi komentarnya juga cuma dari segelintir temen. Ada yang ngebully, bercanda, malahan gak di komentarin. Tapi beda dengan apa yang gua bahas disini, kenapa? Masalah yang dibahas itu adalah kenapa begitu banyaknya hal yang gapenting yang malah jadi VIRAL di media sosial cuma gara-gara banyaknya komentar tentang SUDUT PANDANG yang saling beradu. Pikirin coba, betapa sia-sia nya SUDUT PANDANG kalian cuman di keluarin dengan percuma  ke hal yang gapenting. Renungin deh, sambil denger lagu Opick yang Terangkanlah supaya sadar. Jadi, menurut gua pemaparan dari hal yang sering terjadi di media sosial khususnya masalah ‘tentang perselisihan yang sering terjadi akibat saling komentar satu sama lain’ penting sekali untuk di bahas.

Ini yang unik, selagi gua nyari referensi, ada banyak kategori menarik dari beberapa artikel resmi media online yang ngejelasin kenapa orang Indonesia suka banget sama media sosial. Salah satu contoh unik, gua ambil dari media online malesbanget.com mengkategorikan dalam 5 kategori alasan mengapa orang Indonesia kecanduan media sosial.

1.      Emang dasarnya suka ngobrol (Kayaknya semua orang Indonesia begini deh)
2.      Suka ngurusin hidup orang lain (Bisa dibilang ngikut trend gosip)
3.      Butuh pengakuan (Mau diperhatikan orang lain)
4.      Cara buat pamer (Hampir kayak point nomor 3, tapi lebih spesifik)
5.      Bosenan (Dalam arti kurang kegiatan)

Udah kebayang kan orang Indonesia masih banyak yang kurang kerjaan. 

Dari contoh 5 kategori tadi, kita bisa lihat contoh siklus yang sering banget terjadi, selalu diawali dari adu pendapat di kolom komentar yang berakhir perdebatan. Siklus ini sering banget terjadi di Indonesia, khususnya di media sosial.

Gua akan buat contoh siklus dari 5 kategori tadi, dari proses si pembuat konten sampai yang ngasih komentar, ya disusun istilahnya. Startnya disini, diawali dari point nomor 4, ajang pamer, sebagai sampel ada remaja memamerkan sesuatu yang sedikit glamour di media sosial, dari situ meruncu ke point nomor 3, remaja itu butuh pengakuan atau perhatian dari orang lain di media sosial dengan konten pamernya, siklus selanjutnya lihat point nomor 1, yang menjelaskan kalo kebanyakan orang Indonesia emang suka ngobrol, maka banyak orang yang akan membicarakan, walau sebenarnya gak merugikan orang yang ngobrolin tadi, kemudian muncul kelakuan paling negatif yang sangat amat digemari oleh orang Indonesia, yaitu point nomor 2, suka ngurusin hidup orang lain dengan kata lain GOSIP, diawali dari sebuah pembicaraan tentang remaja pamer tadi, terus berubah jadi bahan obrolan dalam bentuk komentar-komentar negatif di media sosial, lalu menjadi trend gosip kekinian, yang pada akhirnya meruncu ke point nomor terakhir, point nomor 5, banyak orang yang bosan atau jenuh karena gak ada kegiatan produktif, mereka men-scroll timeline di media sosial, nemuin sesuatu yang lagi trend digosipin, terus coba iseng buat cari tau, nah kemudian ngikutin trend gosip itu tanpa pikir lagi kalo bermanfaat apa enggak buat dirinya, dan akhirnya ya trend itu jadi terkenal gara-gara ulah orang-orang jenuh tadi yang saling sharing satu sama lain. Sumpah deh, kayaknya gara-gara slogan dari salah satu acara gosip di TV yang bilang, “Mari kita mengupas tuntas, setajam silet” makannya orang-orang tersugesti jadi mikir buat ngupas terus, dan secara gak sadar ‘silet’ nya udah mulai tumpul. Balik lagi, karena hal tadi terkenal, jadi deh yang namanya VIRAL di media sosial. Kenapa VIRAL? Ya karena itu tadi, banyak orang kurang kegiatan yang malah ikut-ikut trend gosip.

 Lucu juga sih. Tapi sebenarnya itu aneh dan bahaya banget buat ‘mindset’.

Nih contoh lagi, berita kemunculan ADUHKARIN bisa VIRAL cuma gara-gara banyak orang yang ngurusin latar belakangnya. Disini posisi gua bukan ngebela dia. Cuma mencontohkan biar lebih paham. Gua bahkan awalnya gak tau apa-apa, tapi gara-gara terkenal gua penasaran buat baca dan ternyata isinya gak menimbulkan suatu masalah yang terlalu besar sebenernya. Mungkin berita ini dipake pemerintah buat ngalihin isu. Emang lebay sih. Tapi ya aneh aja gitu, kenapa bisa terkenal banget nih orang, padahal orang kayak ADUHKARIN itu banyak banget, malah banyak yang lebih parah juga. Alasannya kenapa coba? Jawabannya ya balik lagi ke penjelasan tadi, gara-gara banyak yang ikut-ikutan trend.

Jadi kalian bisa bayangin kan, perdebatan sama perselisihan yang gua tanyain di awal tadi dan yang sering muncul juga setiap hari, salah satu contoh penyebab simpel nya ya karena sebagian orang di Indonesia ini emang masih suka ikut campur sama kehidupan orang lain lewat komentar yang sifatnya pendapat pribadi di media sosial sebagai efek dari kurangnya kegiatan produktif. Ngapain coba? Dan masalahnya juga rata-rata sepele. Kenapa kebanyakan rata-rata orang Indonesia bisa kayak gini? Karena orang Indonesia sebagian besar masih banyak yang berperilaku konsumtif. Ini pandangan gua sendiri sebagai orang yang masih konsumtif. Walau produsen sebuah konten unik dan kreatif media sosial di Indoneisa gak sedikit, tapi yang keliatannya, para pengguna media sosial di Indonesia justru cuma sebagai konsumen atau penikmat. Selalu monoton ikut-ikutan trend. Bisa disimpulin, hal tadi jadi salah satu faktor dari penyebab masalah perbedaan SUDUT PANDANG.

Makin banyak orang mempermasalahkan sesuatu di media sosial, makin banyak juga orang yang akan berargumen, akhirnya ya banyak banget munculnya perdebatan. Penyebab permasalahan yang sering terjadi ini ternyata ya datangnya emang dari diri kita sendiri. Semua berawal dari kita, mulai dari bentuk kontennya sampai bentuk pendapat yang kita lontarkan. Jadi, tolong biasakanlah untuk lebih baik DIAM daripada ikut-ikutan. Kalo diibaratin sama hal yang deket sama kita sih gini, misalnya ‘OTONG’ (Cari sendiri artinya di internet), dia aja bisa ngerti, momen mana yang pas buat dia ‘tegang’ dan momen mana yang pas buat dia ‘tenang’, ga pernah liat kan ada ‘OTONG’ yang ‘tegang’ gara-gara ikut-ikutan?

Simpel, jadi semua ini tergantung kitanya sendiri mau ikut-ikutan atau nggak. Kayak mau bikin susu aja, tergantung kita sendiri mau menyeduh dari susu kemasan atau memeras langsung dari ‘sumbernya’ (Don’t ne-think to me).

“Mulutmu Harimaumu”, sering banget kita denger ungkapan ini. Kalo di analogikan sebagai Harimau beneran, celotehan pendapat dan komentar kita adalah auman gertakan Harimau, diterima oleh orang lain di media sosial adalah wilayah kekuasaannya dan setiap orang adalah Harimaunya. Ambil contoh deh ada 2 Harimau ingin berebut wilayah kekuasaan, pasti kedua Harimau mengaum menggertak dengan penuh kekuatan demi memenangkan wilayah kekuasaan itu, siapa yang paling kuat dialah yang menang, tapi kalo setiap Harimau meluap emosinya karena sama-sama ingin menang demi mendapatkan wilayahnya, mereka akan bertarung dan itu cara terakhir, yang membuat salah satu dari 2 Harimau tersebut menang buat membuktikan juga kalo ialah yang pantas mendapatkan wilayah tersebut. Sama halnya kayak 2 pihak yang sering berpendapat sampai berdebat pake komentar pedas di media sosial buat suatu masalah yang sebenarnya bisa selesai pake cara musyawarah, 2 pihak ini saling berkoar-koar di media sosial, bikin pro-kontra di masyarakat, terus semisal ada salah satu pihak yang gak terima sama ucapannya di media sosial, ranah hukum jadi senjata akhir, bisa dibilang saling adu siapa yang paling benar buat dapetin perhatian dari masyarakat dan akhirnya siapa yang paling salah bakal dipenjarakan. Coba deh pikir ulang, karena kita bukan hewan, kita bukan Harimau, untuk apa sampai sekeras itu beradu demi sebuah “wilayah kekuasaan”.

Ribet emang, gua juga pusing sebenernya tapi malah lebih pusing lagi kalo di diemin. Lebih nyaman untuk gua lebih banyak mengutarakan daripada dipendam sendirian, biar gak kayak secret admirer, yang mendam cintanya sendirian dan selalu berkhayal dapetin cewe yang dia suka tapi gak ada tindakan karena takut ditolak (Pengalaman).

Gua ambil contoh kasus yang kemaren sempet booming karena VIRAL di media sosial Twitter. Kasus salah satu kader partai politik di Indonesia yang nulis status rasis di Timeline Twitter nya, dengan dalih dia berpendapat kalo di Indonesia sebagian besar adalah masyarakat muslim, tapi uang rupiah yang baru-baru ini keluar malah ada wajah pahlawan non-Islam, yang dia sebut sebagai pahlawan kafir, terus dia bilang gak takut kalo dibawa ke meja hukum atas tulisannya di Twitter. Akhirnya salah satu kader partai politik tadi itu di laporin atas tuduhan yang berisi ujaran kebencian bernuansa SARA di akun Twitter nya. Abis itu koar koar buat klarifikasi bla bla bla, buset deh ya, masih banyak orang yang liat pahlawan cuma dari latar belakang nya aja, bukan dari perjuangannya buat bangsa itu gimana.

Miris wortel.

Itu tadi arti sesungguhnya sih dari ungkapan “Mulutmu Harimaumu”, ucapan adalah sesuatu yang paling sensitif buat diterima, berucap berarti bertanggung jawab. Tapi tadi cuma sebagai contoh. Jadi kalo ingin berpendapat, berpendapatlah pake etika sama tata krama yang baik, karena Indonesia terkenal akan norma kesopanannya dan menjungjung tinggi juga apa arti toleransi, sebenernya simpel kan? Kalo kata Alm. Gusdur sih bilang nya “Gitu aja kok repot”.

Gua lihat dari garis besar orang di Indonesia, banyak yang ngelakuin hal serupa tadi dalam berpendapat di media sosial Facebook, Twitter dan media sosial lain tanpa ngeliat dulu unsur ras, etnik, budaya dan agama nya.

Jangan cuma langsung main “cuit” kalo akhirnya malah kena “cubit”.

Yang dibutuhin itu, suatu kritik dan saran. Bukan sebuah komentar tentang pendapat yang sifatnya merasa paling benar. Soalnya itu 2 hal yang sangat berbeda. Kayak mengkudu sama sirsak.

Mulai dari sekarang, tanam dipikiran kalian kalo gak semua orang bisa sama pandangannya sama kita, bukan berarti kita gak boleh berpendapat, malah kita bebas berpendapat, tapi bebas bukan berarti juga semena-mena. Hargailah perbedaan dalam berpendapat, karena setiap manusia punya perspektif nya masing-masing. Kritik dan saran buat orang lain memang perlu bahkan dianjurin karena itu sifatnya mengkoreksi orang tersebut, tapi bukan berarti semua kritik dan saran itu bisa diterima. Kita semua emang punya hak buat berpendapat, tapi belum tentu semua orang sependapat. Alasannya simpel, perbedaan SUDUT PANDANG. Sedikit mengutip isi dari salah satu bukunya Pandji Pragiwaksono, dia nulis kalimat gini, “Kita semua masih harus berdamai dengan perbedaan”. Yap, mulailah berdamai sama perbedaan nya dulu, supaya kita bisa belajar buat saling menghargai, karena kebenaran didalam sebuah pendapat tergantung SUDUT PANDANG masing-masing. Jadi dari sekarang coba deh hilangin apapun pikiran kalian yang isinya cuma buat saling melemahkan, menjatuhkan ataupun menghancurkan satu sama lain cuma gara-gara sebuah perbedaan. Dan coba belajarlah untuk saling menghargai perbedaan satu sama lain demi Indonesia yang lebih damai, makmur dan sejahtera.

Karena menurut gua sendiri, pendapat adalah suatu yang memunculkan sebuah IDE, tapi IDE itu pasti belum sempurna kalo belum dapet kritikan dan saran dari gagasan positif orang lain. Nah, dari gagasan inilah kita bisa ciptain sebuah IDEOLOGI. Emang sedikit agak berat sih pengertiannya, tapi mungkin ini bisa terjwujud kalo orang Indonesia nya sendiri lebih ngerti apa arti dari Indonesia yang sebenarnya secara menyeluruh. Jauh sekali memang perspektif gua. Dan gua pun jujur memang belum bisa sampai ke tahap situ, tapi sekarang lagi berusaha buat mewujudkannya (Lirik lagu Dragon Ball Indosiar).


“Respect itu simpel, saling berbeda tapi ada ‘damai’ yang menyatukan”


PLUS-MINUS  :       Hai, maaf atas segala kekurangan yang ada di tulisan ini ya wahai para pembaca. Tapi kalo ada lebihnya tolong ‘balikin’ ya... balikin pake komentar sama tanggapan kalian, ya kalo bisa sih kritik sama saran nya. Siapa tau kita bisa bikin IDEOLOGI baru, kayak hal terakhir yang gua bahas *ketawa sendiri*. Sekian, Terimakasih!

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images