Di Respect Aja

Dari lahir, setiap manusia dianugerahi kepribadian yang berbeda-beda. Semenjak itu juga manusia emang dilahirkan sebagai makhluk individu...

Dari lahir, setiap manusia dianugerahi kepribadian yang berbeda-beda. Semenjak itu juga manusia emang dilahirkan sebagai makhluk individu. Menurut sejarah, selain sebagai makhluk individu, manusia juga lahir di dunia ini sebagai makhluk sosial.

Kita semua tau kalo kita adalah keturunan Adam dan Hawa, cowo dan cewe pertama yang ada di muka bumi ini. Dari zaman mereka, arti sosial udah tercipta karena naluri seorang manusia yang emang butuh orang lain buat jalanin hidupnya. Contoh nya sederhana, Adam adalah seorang cowo dan Hawa adalah seorang cewe, selama mereka hidup, baru ada 2 orang yang mengisi bumi pada waktu itu. Bisa kita rasakan betapa kesepiannya mereka berdua. Walau yang pada takdirnya mereka dipertemukan. Tanpa di sadari, naluri mereka sebagai manusia membuat salah satu dari mereka yang mungkin berpikir “kenapa gua gak jalanin hidup di bumi ini berdua aja ya sama dia?”, dan pada akhirnya salah satu dari mereka mulai ngomong buat mewujudkannya (Mungkin loh ya). Gak tau deh siapa yang duluan ngomong, emang gak pernah ada bahasannya juga sih di buku sejarah (Xianying).

Tapi karena gua orang islam, cerita yang pernah gua tau adalah Adam dan Hawa emang udah diciptain di surga dan diturunin dua-dua nya ke muka bumi karena Adam memakan buah kuldi gara-gara bisikan iblis. Nah, buah kuldi adalah buah terlarang yang Allah SWT udah kasih tau kalo gaboleh di makan, tapi Adam makan buahnya dan akibatnya ia melanggar aturan Allah SWT, dengan hukuman diturunin ke muka bumi bersama Hawa.

Entah gimana keadaannya saat itu, tapi gua yakin sistem PDKT belum tercipta. Bisa bayangin betapa mundurnya sejarah di bumi ini kalo Adam PDKT terlebih dahulu sama Hawa. Belum lagi kalo si Hawa minta pikir-pikir dulu, dan ujung-ujung nya “lebih baik kita temenan aja”, makhluk di Bumi langsung seketika punah deh gara-gara mereka cuma temenan. Atau si Adam yang gak ngasih kepastian. Dan bisa jadi juga si Adam cuma jadi secret admirer (Curhat).

Bobrok sekali sejarah yang tercipta kalo kayak gitu.

Untungnya ada takdir dari Allah yang mensinkronkan sejarah.

Karena belum adanya sistem PDKT dan kategorinya kayak PHP, Friendzone, Suudzone, Ojek-Man, Ngechat-ngeles-ilang-zone dan sebagainya, membuat mereka jadi makhluk sosial pertama sekaligus pasangan pertama di bumi.

Naluri membuktikan kalo manusia emang sepatutnya kayak gitu, bersosial.

Apa hayo artinya SOSIAL?

Definisi sosial menurut para ahli secara singkatnya itu adalah sesuatu yang berhubungan dengan lingkup sekitar. Yang lahir  dan berkembang dalam kehidupan bersama.

Jadi ada ‘sesuatu’ yang membuat kita bisa bersosial.

Ada hal paling sensitif didalamnya sehingga kita bisa berkembang dalam kehidupan bersama.

Karena dalam bersosial sepatutnya kita harus memperhatikan ‘susuatu’ yang sensitif tadi sebagai kunci utamanya.

Terus, apasih kunci utamanya?

            Kunci utamanya adalah RESPECT each other atau dengan kata lain saling menghargai sesama lainnya supaya bisa bersosial dengan ‘damai’.

Kalo kalian bilang, “ah damai-damai aja tuh”, coba pikir deh kenapa banyaknya tukang GOSIP di sekitar kita? Dan jelasin juga apa penyebab tercipta nya ‘tradisi’ membicarakan keburukan orang lain? (Nanya mulu lo). Ya gak mungkin kan kalo gara-gara acara infotaiment, terus mereka bisa hipnotis orang-orang kayak gitu supaya jadi tukang gosip, gila aja kalo sampe bener mereka yang ngelakuin. Rommy Rafael kalah dong tekniknya sama acara infotaiment.

Belum ada ‘damai’ dong kalo kayak gitu? (Soktau lu kadal batu)

Artinya kenapa masih banyak yang kayak gitu, karena kunci utama dalam bersosial tadi belum diterapin, ya jadi kurang RESPECT deh.

Kurang RESPECT juga salah satu faktor kenapa banyak sekali orang Indonesia khusus nya pelajar yang MALU dan TAKUT kalo maju ke depan saat guru mengajar dikelas, entah itu berpendapat, ngerjain soal di papan tulis atau bantu nerangin materi. Kenapa? Karena masih ada orang kurang RESPECT, yang cenderung menghakimi bahkan mencela yang maju ke depan itu tadi. Bukan bantu buat ngasih saran kritik atau solusi, tapi konteks nya lebih ke ‘BULLY’(Jauh banget emang perbandingannya).

Terus pernah kan kalian pas maju kedepan buat presentasi ga diperhatiin malah pada ngobrol sendiri audience nya? Misal, lagi menjelaskan sesuatu informasi yang penting didepan banyak orang tapi malah kalian ‘dikacangin’? Atau gini, kalian pernah ngeliat orang maju kedepan terus kalian ngomong dalam hati gitu, “Ah apaan sih ini orang ngomong gajelas”, “Males gua ngedengerin mending ngobrol”, “Ah gua juga tau inimah, di internet juga banyak”, “Ah dia ini yang ngomong” (Ah ah ah), jujur gua pun kadang kayak gitu saat mood gua lagi gak banget. Tapi coba deh direnungin lagi, kalo kita yang jadi pembicara nya gimana? Apa bakal mengalami hal yang sama, ‘dikacangin’ ? Setidaknya, kalo emang gak mau merhatiin, diam adalah langkah awal menghargai orang tersebut.

Gua pernah baca satu perkataan dari Pandji di salah satu buku nya, dia bilang kurang lebih intinya begini, “Jangan pernah meremehkan sebuah informasi, karena belum tentu gak penting, siapa tau buat orang lain bisa jadi informasi tadi adalah sesuatu yang sangat bermanfaat”, yap sebuah informasi itu penting dan kita pasti butuh informasi. Entah mencari sendiri lewat buku, internet dan sebagainya atau dari orang lain secara langsung.

Jadi menurut gua dengan kita banyak menghargai orang lain yang lagi berbicara, kita jadi banyak banget mendapatkan informasi yang tentu emang harus kita gali terlebih dahulu, tapi setidaknya kita udah memulai buat RESPECT dari hal kecil. Karena dengan mulai menghargai dari hal kecil, kita bisa dengan mudah untuk bersosial dengan ‘damai’.

Kalo masih ada yang kurang RESPECT sama orang lain, efek domino bisa jadi bakal muncul loh kalo begini terus.

“Emang efeknya apasih coy? Terus solusinya gimana nih?”

Eits... Sebelum itu, ada sesuatu nih.

Gua pernah baca satu studi yang entah lupa apa namanya, pokoknya dari internet, bilang kalo manusia itu berevolusi sedemikian rupa buat punya kecenderungan menghakimi dan senang ngomongin orang lain. Buset, gak cuma berevolusi secara fisik, gen dan teknologinya, tapi ternyata sifat dari manusia itu sendiri juga bisa berevolusi.

Orang tukang gosip itu berarti hasil dari evolusi loh, coba cek punggung nya siapa tau ada duri-duri hasil evolusi atau jakun nya siapa tau ada 3 buah (Pret). Bisa gitu ya, tapi balik lagi, bener atau nggak nya tergantung perspektif masing-masing.

Kalo emang bisa gitu, kenapa sih gak berevolusi jadi manusia yang kayak di film X-Men aja, padahal kan lebih seru.

Muttant jadi wolverine misalnya, biar kuat mau di apain juga bisa sembuh sendiri, walau kalo hatinya yang sakit tetep aja di tahan. Atau jadi profesor X biar bisa baca pikiran semua orang tanpa alat, bisa tuh buat baca pikiran si ‘dia’ (Oke skip).

Kita singkirkan dulu masalah evolusi ini, balik ke efek domino tadi. Bukannya kalo mau bersosial saling RESPECT itu harus diterapin? Bersosial kan berarti mempunyai tujuan yang sama disuatu lingkup masyarakat atau perkumpulan, berarti ada banyak ‘ide’ yang terkumpul disitu kan? Lewat musyawarah atau rapat misalnya. Bukan sesuatu yang gak mungkin efek domino itu bakal terjadi kalo misal masih ada banyak yang punya pola pikir kurang RESPECT sama orang lain.

Simpelnya gausah jauh-jauh deh, di lingkup SMA misalnya. Sering banget kan ngeliat orang yang maju kedepan atau berani ngomong gitu deh, tapi abis itu mereka yang maju malah di bully dan bahkan jadi bahan ledekan. Padahal di lingkup sekolah, keberanian dalam berbicara itu latihan buat bekal masa depannya nanti.

“Anjir males banget maju ntar gua di ledekin”, “males gua ngomong ntar takut salah”, “mending diem ajadeh takut disalahin”, kalo semua masih punya mindset kayak gitu, keberanian mereka gak muncul dong. Efeknya kedepan mereka gak bisa berinovasi sama pendapatnya karena punya pikiran kalo yang berani ngomong itu gak akan berguna di mata orang lain, “soalnya nanti disalahin”, “nanti gua jadi bahan ledekan”. Akhirnya cuma bisa ikutin sistem yang udah berlaku, sistem yang monoton, terima apa adanya.

Sistem gak mau repot, “yang penting ngikut”.

Maksudnya “yang penting ngikut” itu karena mereka merasa kalo yang lain ‘begitu’ ya harus ‘begitu’ juga, gakmungkin ‘begini’. Begitupun sebaliknya (Pusingnying). Ikut-ikutan ajah.

Gua kayak gitu juga waktu masih SMP, SMA. Karena ikut-ikutan mindset nya masih kayak gitu... TK sama SD belom ngerti apa-apa ya, soalnya pipis aja masih dipegangin. Tapi sekarang gua udah mulai resah plus sadar kenapa dulu kayak gitu. Walau sekarang pun masih dalam proses belajar, belajar buat lebih berani ngomong dan belajar buat ubah mindset sendiri. Mencoba pede buat gak perlu takut salah karena masih dalam tahap belajar. Gua juga terus mencoba untuk lebih mengerti arti tentang RESPECT dari semua sisi dan berprinsip kalo menghargai orang lain itu lebih utama ketimbang dapet ‘penghargaan’. Kita sama-sama belajarlah buat jadi lebih baik, gak cuma harapan atau omongan aja tapi ‘GERAK’ nya juga.

Ada sedikit pengalaman juga tentang orang kurang RESPECT yang membuat gua punya pandangan aneh sama orang-orang pada waktu itu. Dulu pas masih SMP, pandangan gua adalah orang-orang bakal kalah berani dan kalah pede sama orang yang punya ‘POWER’. Maksud punya ‘POWER’ disini adalah, orang yang punya kekuatan dengan karakter pembully akibat kurang RESPECT. Singkat cerita, dulu masing jamannya banget main Facebook, masih musim saling kirim wall di timeline, bikin grup gajelas, direct message buat minta nomor HP, komen-komen gakjelas di status orang dan bahkan gua pernah liat sampe ada yang pacaran di timeline Facebook. Buset dah gak abis pikir betapa alaynya gua dan orang di jaman gua pada waktu itu (Lo doang kali yang alay). Nah singkat cerita, waktu itu ada sebuah grup gak jelas yang dibuat sama orang-orang punya ‘POWER’ tadi di Facebook, terkenal banget se-angkatan gua, bahkan katanya sih satu sekolah tau ini grup. Grupnya tertutup, jadi gak ada yang tau bahasan di dalemnya apaan, cuman yang bikin terkenal itu nama grupnya. Nama grupnya diambil dari salah satu guru kondang di SMP gua, nama grupnya KBM yang kepanjangan nya KA****** BOTAK MANIA (Pokoknya yang di sensor nama guru). Kocak sih emang, dan emang beneran botak juga itu guru (Botak bagian depan). Jadi kayak nama komunitas ya. BOTAK MANIA serasi banget sama BUS MANIA, kalo BUS MANIA mainnya ‘Om Telolet Om’, kalo BOTAK MANIA mainnya ‘Om Pitak Om’ (Lucu lu bibir jangkrik). Tapi ya buset deh, ini mereka yang bikin grup punya nyawa berapa pake nama itu. Berani loh mereka secara sadar buat nama di grup itu. Yang walau akhirnya mereka juga harus bertanggung jawab atas perbuatan nya karena ketauan sama guru BK.

Kurang ajar emang, padahal itu guru loh.

Tapi saat itu ada yang berpikir kalo hal kayak gitu lucu dan ada juga yang bilang itu kurang ajar (Emang kenyataannya kurang ajar).

Penyebab nya kenapa mereka bisa kayak gitu udah tau lah ya.

Bersosial berarti saling RESPECT. Saling RESPECT berarti saling menghargai satu sama lain. Bukan berarti butuh ‘penghargaan’ ya, tapi saling menghargai karena kita emang seharusnya begitu sebagai makhluk sosial.

Dalam bersosial juga kita harus memilah dalam memilih, yang mana aja lingkup yang harus kita ikuti. Gak semua nya harus kita cakup. Kita pilih lingkup yang ada nilai tambahnya buat diri kita, buat mindset kita untuk jadi lebih baik dan bukan memilih yang sebaliknya.

Selama ini, gua bisa RESPECT sama orang lain karena gua sadar ada sesuatu yang gak gua punya dari orang itu. Gua bisa RESPECT sama orang lain karena gua sadar belum tentu bisa kayak orang itu. Gua bisa RESPECT sama orang lain karena gua sadar ketika ada sesuatu, ada hal, ada ‘something precious‘ dari orang itu, yang bisa gua ambil dan dijadikan pelajaran buat diri gua sendiri.

Karena menurut gua, RESPECT itu lebih ke konteks intropeksi diri sendiri, jadi dimulai dari sadar dulu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing di lingkup sekitar. Ini mencakup diri kita terhadap orang lain, kalo udah sadar akan hal tadi pasti kedepannya selalu bisa untuk lebih RESPECT.

The point is “Don’t REJECT-RESPECT”.




“Belajarlah dari orang buta, yang tidak pandang bulu untuk saling menghargai ‘tanpa melihat’ adanya perbedaan”

You Might Also Like

6 komentar

Flickr Images