Sharing With Human 02: The Success

Manusia adalah makhluk yang sangat sempurna dan punya banyak karakteristik di setiap individunya. Unik, beragam dan apalagi manusia ad...

Manusia adalah makhluk yang sangat sempurna dan punya banyak karakteristik di setiap individunya. Unik, beragam dan apalagi manusia adalah makhluk yang paling berambisi sama yang namanya kesuksesan.

Setiap manusia yang lahir di dunia ini, pasti ditakdirkan menjadi seorang pemenang. Hal ini dibuktikiin langsung lewat proses dan hasil dari pembuatan manusia nya itu sendiri. Udah tau lah ya gimana nya? Karena dari situ, awal konsepnya udah keliatan nih kalo setiap manusia itu emang seorang pemenang.
           
Manusia itu udah punya siklus khusus di proses kehidupannya loh.

Ibarat kata gini deh, setelah lahir, manusia akan mulai mencoba ngerti sekitarnya lewat bimbingan orang tua. Dari orang tua itu juga, manusia mulai banyak mengetahui sesuatu. Dimulai dari hal yang paling awam, contohnya kayak mengenal siapa ayah dan ibu nya sendiri, sampai ke hal yang umum, contohnya mulai penasaran sama hal-hal sekitar yang dilihat nya.

Sampai nanti pada titiknya manusia itu bisa berkembang, maka mereka akan mulai menemukan caranya sendiri agar bisa paham apa yang dilihat, di dengar maupun dirasakannya.

Ini adalah siklus mutlak yang normalnya semua manusia bakal alamin.

Dan faktanya manusia itu gampang banget untuk mulai penasaran sama sesuatu yang baru, gampang juga untuk mulai mencoba mencari tau sesuatu yang baru, dan bahkan gampang bisa langsung banyak mendapatkan hal yang baru dari sesuatu itu tadi.

Bisa dibilang ini adalah ‘explore’ pikiran. Karena wajarnya semua manusia seperti itu, sebagai landasan untuk dapetin sebuah pengetahuan baru, sama ningkatin kualitas dirinya sendiri.

Nemuin yang ‘something new’ lewat jalannya masing-masing.

Soalnya... manusia itu gak mungkin ‘disiram’ terus supaya bisa tumbuh berkembang, karena kalo ‘disiram’ terus ‘airnya’ bakal abis, dan kalo ‘airnya’ abis ya kita sendiri yang cari supaya keisi lagi. Ya, kita harus ‘isi’ dan ‘siram’ diri kita sendiri.

“Emang ini apaan sih artinya? Main siram aja lu kira taneman lidah buaya depan rumah”

Artinya gini, semenjak kecil kita udah dibimbing dan diajarin banyak hal dari orang tua kita, tapi ya gak mungkin mereka kayak gitu terus sampai kita dewasa kan? Maksudnya kalo kita udah pengen banget buat suatu kesuksesan atau keberhasilan, tapi merasa pengetahuan yang kita punya sekarang kurang, ya jangan nunggu ada yang ngasih pengetahuan baru dateng sendiri ke kita, tapi kita sendiri yang nyari pengetahuan baru itu, soalnya pengetahuan itu dicari bukan ditunggu. Nunggu itu berarti menunda keberhasilan, jadi lebih baik cari ilmunya, lalu datengin ilmunya dan pasti bisa dapetin ilmunya.

Kalo  nunggu itu cukup buat momen “siapa yang bayar” aja disaat lagi jalan berdua sama gebetan. Cukup saat itu aja (Pengalaman).

Dan emang nyatanya, manusia itu bukan kecambah percobaan anak SMP yang bisa berkembang jadi pohon toge kalo disiram. Manusia itu udah ditakdirkan Allah SWT punya konsep yang kayak tadi itu, terus berkembang lewat ‘explore’. Entah itu ‘explore’ lewat rasa penasarannya, lewat buku dan referensinya, searching di internet atau bahkan sampai traveling.

Explore your mind.

Tapi buat ngelakuin hal itu semua, ya everything’s up to you, cukup balik lagi ke diri kita, mau apa nggak dapetin pengetahuan baru supaya kelak bisa berhasil dan sukses (?)

Goks.

Menurut gua sendiri nih, ada 4 hal penting yang menjadi tahap khusus buat berproses menuju kesuksesan dan rata-rata semua orang bisa nebak, bahkan bilang “Ah xianying gini doang gua juga tau kale!”

4 hal itu adalah...

1.      Belajar dari masa lalu (Intropeksi)
2.      Membedakan yang mana prioritas dan keinginan
3.      Fokus
4.      Konsisten

Standar banget kan? Tapi banyangin aja, 4 point standar ini adalah hal yang paling susah dilakuin.

Dampak dari susahnya hal ini adalah diri kita jadi bingung nentuin apa yang harusnya bakal kita kerjakan setelah kuliah nanti. Kenapa bisa begitu? Ya karena kita sendiri juga gak tau mau fokus di bidang apa akibat gak mentargetkan sesuatu sejak dini, padahal sedari kecil kita udah punya banyak cita-cita besar.

Thats a reason why susan song is created, “Susan susan susan, kalo udah gede mau jadi apa?”, alasan sebenernya lagu ini bisa tercipta itu buat nekenin kalo kedepannya kita bakal ‘jadi apa’ dalam konteks yang lebih serius.
           
Siapa sih orang yang gak mau sukses? Ya gak ada pasti. Semua orang itu maunya ya sukses, karena sukses itu menciptakan suatu keadaan yang di idam-idamkan. Soalnya di dunia ini cuma ada 2 pengkategorian utama suatu keadaan, yaitu KEBAHAGIAAN dan KETERPURUKAN.

Semua orang pasti maunya yang bahagia-bahagia aja apalagi sukses, tapi gak semua nya punya daya akan hal itu apalagi bisa dapetin kategori KEBAHAGIAAN tadi, susah banget. Mungkin sebagian orang dari sekitar kita ada yang udah punya konsep pemahaman mengenai kesuksesan yang dia prioritasin sedini mungkin. Tapi gak semuanya bisa loh... Makannya itu semua akan bergantung dari orangnya sendiri. Gak bakal bisa kalo kitanya sendiri cuma mengandalkan sebuah ‘hoki’ buat dapetin suatu kesuksesan, karena hakikatnya ‘hoki’ itu bukan voucher pulsa yang semua orang bisa beli dan pake. ‘Hoki’ itu adalah sebutan keberuntungan bagi orang yang emang dapet ‘miracle’ dari sang pencipta.

Ada sebuah pendapat dari salah satu orang paling berpengaruh dan salah satu orang yang paling kaya di dunia, bapak Rockefeller. Beliau pernah bilang kalo di dunia ini cuma ada sekitar 3% orang yang bisa sukses, dan dari 97% orang yang ingin sukses lainnya di dunia ini, cuma bisa sekedar ber-angan dan terdiam aja, karena menurutnya secara harfiah orang sukses adalah orang yang menuliskan secara rinci harapan dan tujuan nya untuk di realisasikan segera.

Liat seberapa kecil persentase suksesnya bagaikan telor ketombe...

Tapi karena si bapak Rockefeller ini gua jadi bisa tau sebenernya faktor paling besar dalam penghalang kesuksesan adalah kebanyakan “Angan”. Mungkin memang wajar kalau kita punya sebuah “Angan”, tapi ya jadi gak wajar kan kalo kebanyakan? Angan itu kan adalah sebuah harapan yang kita ekspektasiin supaya terwujud nantinya. Dari harapan itu menciptakan sebuah opsi, jadi kalo kebanyakan angan itu berarti kebanyakan opsi. Buset deh, orang kalo udah kebanyakan opsi itu bisa menyebabkan sebuah penyakit kebingungan yang namanya ‘labil-bikin-terlena’ (Gak jelas emang kayak ulekan cabe ijo).

Kita ibaratkan gini, sama aja sikonnya semisal kita jadi seorang cowo yang pengen banget pacaran, tapi gak yakin kalo cuma deketin 1 cewe, akhirnya ngedeketin banyak cewe supaya banyak referensi. Udah tanemin banyak harapan dan ekspektasi... “Pasti dengan cewe sebanyak ini gua dapet salah satunya wuahahahaha (Ketawa sherk)”. Ujung-ujungnya malah bingung karena terlena udah kebanyakan kandidat, semua cewe yang dia pikir paling baik ternyata semuanya baik atau pun sebaliknya. Yah, tapi apadaya bisa ketebak pasti akhiranya keteteran dan malah gadapet satupun dari beberapa cewe tadi.

Kebanyakan minum air aja bisa bikin kembung gimana kalo kebanyakan pilihan kan? Makanya mulai dari sekarang kurang-kurangin tuh sesuatu yang berlebihan.

“Kalo kebanyakan sayang gimana  (?)”

.....

Ada sedikit contoh lain yang semoga aja bisa dijadikan inspirasi untuk proses kesuksesan kita masing-masing kedepannya. Inspirasi dari sebuah role model fiksi yang dulu pernah jadi idaman, maksudnya kesukaan gitu.

Tau anime serial yang sekarang udah tamat, Naruto? Ninja yang rambutnya kayak nanas itu. Dari si Naruto ini, gua bisa ambil banyak hal positif buat dijadiin motivasi diri gua sendiri supaya makin lebih baik kedepannya. Soalnya gak cuma seru loh, tapi filosofi seorang Naruto nya sendiri itulah yang punya ciri khas karakter pantang menyerah, ambisius, dan selalu bekerja keras disetiap episode serial nya.

Singkat akan gua ceritakan, jadi si Naruto ini adalah anak sebatangkara yang ditinggal mati ayah dan ibunya karena dibunuh sama siluman rubah ekor 9, abis ngebunuh kedua orang tua si Naruto, siluman rubah ini di segel di tubuh naruto sama hokage ke 3, kalo ada yang gatau, hokage tuh kayak pemimpin disebuah wilayah, bisa dibilang persis kayak presiden gitudeh (Yang pengen tau lengkap baca aja sendiri komiknya ya). Karena dia ini sebatangkara, kehidupannya berat banget, gak ada yang ngurus secara khusus seperti anak-anak lain yang masih punya orang tua. Walau begitu, dia punya cita-cita dan ambisi yang kuat buat jadi hokage. Tapi karena pandangan orang-orang yang ngeliat si Naruto ini sebatangkara, diremehkanlah dia. Mulai dari situ, si rambut nanas mulai bekerja keras melatih teknik ninja nya, fokus dan terus konsisten tanpa peduli apa kata omongan orang. Nah di setiap episodenya juga, si Naruto ini selalu jadi pahlawan dan keliatan banget kalo kekuatan ninja nya terus meningkat, selalu keliatan juga kalo dia emang giat berlatih. Dari sifat nya juga yang emang pantang menyerah dan selalu optimis ini, dia jadi bisa selalu konsisten dengan apa yang dia cita-citakan. Pernah ada episode dimana si Naruto menyelamatkan desanya yang diserang sama musuh paling kuat pada waktu itu, dengan kekuatannya yang terus dia latih itu akhirnya dia berhasil mengalahkannya dan desa nya selamat, akhirnya si Naruto beralih dari bukan siapa-siapa menjadi seorang pahlawan yang di puji seluruh orang di desanya. Nah pada episode terakhir, semua kerja kerasnya terbukti, akhirnya Naruto diangkat menjadi seorang hokage ke-7 didesanya, dan semua orang yang melihatnya merasa gak nyangka bisa kayak gitu.
           
Gimana, tertarik kan baca Naruto?

            (Gak nyambung lo jakun ayam)
           
Oke oke skip ceritanya.
           
Bisa kita simpulin sendiri dari semua penjelasan dan beberapa contohnya, suatu mindset kesuksesan dalam diri kita itu tergantung dari diri kita sendiri maunya kayak gimana.

“Dengan mindset gua yang seperti ini, apasih yang seharusnya gua lakukan ?”

Dari kisah si Naruto tadi juga bisa membuktikan kalo kalimat “proses itu tidak akan mengkhianati hasil” benar adanya. Naruto secara gak langsung ngasih tau ke kita loh kalo kita itu seharusnya konsisten sama prioritas kita, fokus sama ambisi, dan jangan goyah sama ‘goncangan’ orang lain yang notabene bukan faktor pendukung kesuksesan kita.

Karena menurut persepsi gua sendiri, kesuksesan itu intinya adalah ya lakukan sekarang atau tidak sama sekali, kalo dalam bentuk kalimatnya sih “Someday would be Nowaday”, artinya apa? Jadi, apa yang kita harapkan suatu hari nanti itu bakal jadi hari yang akan kita rasain kayak sekarang ini. Sebuah proses yang di rancang dari rencana. Masa depan yang akan terjadi itu efek dari semua yang kita lakukan sekarang ini, lakukanlah hal yang paling baik mulai dari sekarang supaya pada suatu hari nanti kita tidak akan merasakan yang namanya sebuah penyesalan. Dan menurut gua, background, proses nya seperti apa, bahkan tipe-tipe orang nya itu gimana, ini semua hanyalah sebuah faktor-faktor pendukung pola pikir, tapi sisanya kita sendiri yang harus nentuin harus gimana kedepannya.

Dan satu lagi, karena itu tergantung sama apa yang kita mau kedepannya baka gimana, sebuah tanggung jawab besar di perlukan disini. Jadi semakin besar apa yang kita inginkan semakin besar juga beban tanggung jawab yang akan kita dapetin.

Kalo sekarang masih banyak yang mikir, “Ah ikutin aja prosesnya, pasti berhasil juga kok ujung-ujungnya”. Yah... itu semua terserah masing-masing aja, gak ada paksaan untuk setuju. I just share my opinion, point demi point yang bisa di dapetin dari sharing ini juga semoga aja punya manfaat banyak buat kita semua.

             (Amin)



“Even if your hopes has burned with times, anything thats dead shall be re-grown”

Angels & Airwaves – The Adventure

You Might Also Like

8 komentar

Flickr Images