Sama Aja, Same Aje

       Kalo ngebahas sesuatu yang berbau manusia pasti gak bakal ada habisnya. Topik tentang manusia itu sendiri banyak banget macemnya, ...


       Kalo ngebahas sesuatu yang berbau manusia pasti gak bakal ada habisnya. Topik tentang manusia itu sendiri banyak banget macemnya, apa aja pasti bisa jadi bahasan baru yang terus berkembang. 

           Bisa jadi itu adalah bahan riset dari suatu penelitian, atau bahkan sampai bisa jadi bahan gosip di kalangan masyarakat. Kenapa hayo ko bisa sih bahasan tentang manusia itu tadi gaada habisnya? Bahkan malah bisa jadi tambah banyak... Jawabannya simpel kok, karena setiap manusia itu ‘berbeda’ dan dari setiap manusianya itu sendiri punya naluri yang menolak sebuah PERBEDAAN. Ya jadi otomatis manusia bakal 'ngomongin'  bahasan tentang manusia lain karena emang faktornya adalah setiap manusia diciptakan dengan penuh PERBEDAAN.

Dan kalo gapercaya kita punya naluri yang menolak sebuah PERBEDAAN, coba deh bayangin respon dari diri kita sendiri saat ngeliat orang yang lebih buruk atau lebih baik dari kita... (Gausah serius-serius tong bayanginnya). Pasti kepikiran di otak kita secara spontan, “Ih ko dia bisa cantik banget sih, pasti make up nya tebel, aku juga bisa kali kayak dia” (Saat ngeliat orang yang menurutnya cakep), “Ih itu si anying jelek amat sih mukanya kayak puting bunglon” (Saat ngeliat orang yang menurutnya jelek), “Gak mau gua sekelompok sama dia, kalo ngelap ingus pake jempol, kan bego” (Saat ngeliat orang yang menurutnya bego). Mungkin kurang lebih kayak begitu bentuk pikirannya...

Terbukti kan kalo kita emang punya naluri yang begitu? (Tau aja ih biji timun)

Dengan kecenderungan naluri dari manusianya itu sendiri, yang dasarnya emang menolak sesuatu yang beda dari dirinya, maka sangat wajar kalo di dunia ini manusia banyak banget yang masih gak paham sama konteks dan konsep dari sebuah PERBEDAAN (Pusing bro).

“Apaansih emang PERBEDAAN? Jadi bingung nih tjoy” (Tahan tong kayak lagi deketin gebetan aja, sabar)

Kita ngalor-ngidul dulu sebentar...

Dilihat dari kenyataannya, di zaman milenium sekarang ini manusia jadi lebih mudah mengakses segala sesuatu lewat internet, khususnya media sosial. Lewat media sosial, manusia juga jadi lebih mudah untuk dikenal. Bahkan, orang yang memiliki paras rupawan bakal lebih mudah terkenal di media sosial, dan ini adalah suatu hal yang lumrah sekali terjadi sekarang. Tapi yang anehnya, dari sini lah timbul sebuah kategori “Hitz”, yang tercipta secara pandangan fisik tidak langsung.

      Sebelumnya, apa hayo definsi dari kata “Hitz” ?

       Pengertian “Hitz” yang sedikit bisa disimpulkan adalah, sebuah kategori aneh yang dibuat berdasarkan persepsi orang banyak. Kuantitas dari persepsi itu sendiri yang membuat seseorang bisa di anggap “Hitz”.
            
           Kalo kita pikir-pikir, emang bener sih “Hitz” adalah sebuah bentuk pandangan dari banyak orang yang menilai... Sama halnya dengan orang cantik atau ganteng, yang menilai mereka demikian pasti itu dari banyaknya penilaian orang lain kan? Jadi gak mungkin ada orang yang ngaku cantik atau ganteng bilang sendiri ke depan publik, “Kan gua ganteng”, “Cantikan juga aku”, “Siapa sih cewek yang bakal nolak gua? Muka gua kan udah ganteng dari oroknya” (Pede juga nih sagu jerman).

Pernah ada sebuah studi yang mengatakan kalo manusia itu bakal merasa geli dan jijik melihat seseorang yang memuji habis dirinya sendiri. Bisa bayangin sendiri lah ya gimana kalo orang ngaku-ngaku “Hitz” dengan sendirinya ?

Maka dari itu balik lagi, kalo emang kuantitas dari persepsi itu lah yang paling menentukan sesorang bisa dibilang “Hitz” atau enggak.

Tapi... Rata-rata dari kebanyakan orang di media sosial jadi pengen ikut-ikutan yang namanya “Hitz”, cara apa aja dilakukan. Coba deh cek media sosial kita masing-masing, contohnya instagram deh kalo gak percaya. Pasti banyak kok akun-akun aneh di explore... (Ketauan nih ye sering liat). Ada yang dimulai dari edit foto sana sini, ada yang di edit muka foto profile nya sampai putih seputih tepung tapioka, ada juga yang promote media sosial nya sendiri, melakukan transaksi jual beli follower dan beli like, ada yang ngemis follow sama ngemis like, sampai ada yang ngemis di lampu merah sambil jual bensin keliling (Oke ini lebay), bahkan nih sampe ada yang ngubah penampilannya demi menghiasi media sosial (Kelen smwa sucih akyu penuh dusah).

Sangat berfaedah sekali hidup mereka.

Dan jadinya banyak yang mulai berfikiran kalo menjadi “Hitz” adalah sesuatu yang sangat harus digandrungi saat ini, karena menurutnya jadi “Hitz” itu punya ‘kelas’ yang tinggi.

Hmm, heran sih tapi itu realita yang banyak terjadi sekarang ini (Miris lontong).

Oke skip masalah "Hitz" ini, masih ada yang lebih bikin heran sama orang-orang disekitar kita... Pernah baca Line Today ? Coba liat salah satu artikel yang gua screenshot ini.



            Baca baik-baik judulnya, kebayang gak kalo kita secara gak sadar tambah belum bisa terima sama apa yang namanya PERBEDAAN. Bacaan dari sebuah artikel aja yang di bahas kayak begini... Ini gua yakin kayaknya orang yang bikin artikel kebanyakan gabut sambil nge-stalk akun Instgram lambe turah deh...

            (Geleng-geleng jakun)

Judul artikelnya aja “Tak cuma seleb, orang biasa juga bisa transformasi jadi cakep loh”, ini ngejelasin secara tersirat kalo orang biasa itu dibedain sama seleb. Padahal, orang biasa pun kalo emang punya niat untuk bisa bertransformasi jadi lebih baik dalam artian fisik yang cakep tadi, ya pasti bakal jadi cakep juga pada akhirnya. Dan emang kalo misalkan orang biasa bertransformasi bakal jadi pohon pisang? Terus kalo misalkan orang biasa bertransformasi jadi cakep tapi fisiknya malah berubah jadi ayam kalkun? Atau orang biasa kalo bertransformasi malah berevolusi dan berubah jadi ikan lele laut? Ya gak mungkin kan...

Orang biasa juga manusia sama hal nya dengan seleb, yang berbeda cuma nasib sama ketenaran nya aja, itu pun karena mereka (Seleb) punya sebuah ‘karya’ yang dihargai lebih sama orang banyak, makanya bisa di cap sebagai seleb.

Walau pernah sih gua sesekali membayangkan, apakah kalo orang-orang terkenal di dunia ini (selebritis misalnya) cara hidupnya beda sama manusia biasa ya... Misalkan bernapas lewat kuku, gak pernah sial, gak pernah kentut, sampai terfikir kalo selebritis cantik itu gak pernah buang air, padahal Transformers aja bisa buang air.

            Tapi pada kenyataannya? Tau sendiri lah ya.

Maka dari itu, hal-hal barusan adalah contoh faktor yang ngebuat kita berfikiran kalo manusia itu punya kasta khusus dan punya klasifikasi. Tapi aslinya (walau berbeda dalam bentuk gen dan karakter) setiap manusia itu semua sama aja.

Coba deh pikir lagi, jenis klasifikasi apa yang ngebuat manusia itu di beda-bedain? Gak ada kan...

Manusia itu sama aja... Dari bapa presiden, menteri, tukang bakso, tukang tambal ban, bahkan sampai orang secantik atau seganteng apapun juga punya sifat manusiawi yang kita sendiri juga punya.

Gua yakin 100% orang seganteng Zayn Malik kalo sakit perut pasti boker, orang secantik Pevita Pearce juga kalo masuk angin pasti kentut-kentut terus, selebritis sekelas Jennifer Lawrence di idungnya juga sama kayak kita orang biasa pasti ada upilnya, dan model kelas papan atas kayak Kendall Jenner yang banyak di idolain saat ini pun kalo baru bangun tidur mulutnya bau naga tjoy.

Nah, terus apa coba yang ngebedain kita sama manusia lain?

           Kita emang ditakdirkan di dunia ini dengan berbagai macam PERBEDAAN, tapi bukan berarti kita saling mengkategorikan satu sama lain kan? Walau sekarang yang terlihat, kebanyakan orang di sekeliling kita masih berfikir kalo berbeda dari yang lain itu adalah sebuah ancaman buat dirinya sendiri. “Kalo gua gak ngikutin kayak yang lain, nanti dijauhin” , “Gua bergaul sama mereka kalo gak beli baju mahal gak akan bisa, soalnya mereka kan style nya bagus-bagus” , "Gakbisa gua bergaul sama mereka, gua kan cupu dan belekan", padahal kan gak gitu, malah seharusnya pemikiran hal kayak begini yang mestinya gak ada kalo kita mampu mengetahui arti dari sebuah PERBEDAAN.

Kalo kita bisa sadar ‘sepenuhnya’, sebenernya kita itu udah punya hak masing-masing loh buat nentuin apa aja yang harus dilakukan. Dan karena kita emang punya hak yang seperti itu, seharusnya kita gak dituntut supaya sama kayak yang lain dong? (Hayo sadar bro jangan komentarin lagu nya aduhkarin mulu)

Be different it’s mean you have something unique and build your character.

          PERBEDAAN itulah yang ngejadiin diri kita punya karakter untuk menjadikan diri kita punya sebuah ciri khas dan saling melengkapi satu sama lain.

Pernah ada satu artikel yang sampe bisa bikin gua kagum sama yang namanya PERBEDAAN, jadi ada sebuah kalimat di artikelnya, yang kurang lebih isinya begini, “PERBEDAAN adalah dasar dari segalanya. Bahkan Tuhan menciptakan makhluk-Nya berdasarkan PERBEDAAN. Tuhan menciptakan makhluk, bukan menciptakan Tuhan lagi”.

Sang pencipta pun memang sudah memberikan sebuah takdir mutlak yang seharusnya semua manusia bisa menerimanya, yaitu “PERBEDAAN”. Dan emang bener dasar dari semua ini adalah sebuah PERBEDAAN. Kalo semua hal di dunia ini sama, apa yang unik? Bisa kita bayangin betapa flat nya dunia ini ketika semua hal sama, mungkin bisa lebih flat dari hantu muka rata deh.

Simpelnya gini...

Didunia ini terdapat dua jenis manusia... Yaitu laki-laki dan perempuan. Dua tipe manusia yang mempunyai jenis kelamin berbeda, dua jenis manusia yang saling melengkapi, serta dua jenis manusia yang mempunya naluri alamiah berbeda, laki-laki dengan ketangkaasannya dan perempuan dengan kelembutannya. Sungguh Allah SWT maha besar dan maha adil atas karunia-Nya, semua telah ia berikan teruntuk makhluk ciptaan-Nya.

            Bayangin coba kalo di dunia ini cuma ada 1 jenis manusia. Misalkan di dunia ini isinya laki-laki semua, bumi bakal seketika punah setelah manusia pertama diciptakan. Gak bakal tercipta deh yang namanya pasangan, gak akan ada juga perasaan galau karena merasa ditinggal mantan, gak akan tercipta temen rasa pacar, bahkan gak akan ada tuh yang namanya rasa sesal didasar hati diam tak mau pergi, haruskah aku lari dari kenyataan ini~ (Xianying malah nyanyi). Adanya cuma angan-angan belaka dan lagu radja yang judulnya angin, “Angin bawalah ku terbang melayang...”, dan pada akhirnya laki-laki hanya bisa berpasangan sama angin, lalu punah (Oke ini gakjelas).

Tapi beneran deh, betapa hancurnya dunia ini kalo yang kayak begitu beneran terjadi.

Allah SWT maha baik atas segala sesuatu, oleh karena itu kita sebagai manusia diciptakan dengan kategori 2 jenis itu tadi. Tujuannya yaitu, supaya laki-laki dan perempuan saling berpasangan untuk bisa melengkapi PERBEDAAN satu sama lain.

Jadi bisa disimpulkan, kalo PERBEDAAN itu adalah sesuatu hal yang ‘tidak sama’ dari setiap manusia dan udah jadi sebuah takdir yang gak bisa di ganggu gugat lagi sama manusianya itu sendiri. Karena PERBEDAAN secara harfiah diciptakan supaya kita sebagai manusia bisa tau gimana cara menyikapinya. Apakah sikap kita terhadap sesuatu yang berbeda itu mesti saling harmonis atau sebaliknya?

Maka dari itu PERBEDAAN memiliki sebuah batasan yang harus kita pahamin konsepnya. Apa batasannya? Batasannya adalah agama atau keyakinan kita masing-masing. Batasan yang gua maksud disini adalah sisi keimanan kita dalam memeluk keyakinan (Tapi kalo atheis silahkan menyikapi sendiri batasannya ya).

Di dalam Islam, banyak banget diajarkan tentang anjuran untuk saling menghargai PERBEDAAN satu sama lain. Bahkan sampai dianjurkan untuk saling menghargai kepada yang bukan Islam. Tapi, bukan berarti karena saling menghargai, kita jadi saling mewajarkan dalam arti kita jadi terjurumus ke dalam lingkup tersebut. Bukan rasis, tapi itu karena letak keimanan kita sebagai manusia yang punya keyakinan beragama bakal diuji. “Seberapa kuat sih kita menahan segala sesuatu yang ada diluar konsep hukum agama?”

Jujur iman gua sendiri pun masih naik turun... (Dasar anak muda bandel). Tapi gua berusaha untuk bisa paham betul sama konsep batasan menghargai sebuah PERBEDAAN ini. Punya batasan berarti menghalangi kita untuk berbuat berlebihan sama sesuatu, dan paham konsep berarti kita gak kekurangan dalam berbuat sesuatu. Pernah dibahas juga di tulisan gua sebelumnya yang ‘Di Respect Aja’ (Ciye promosi), kalo menghargai adalah suatu bentuk pemahaman yang harus di tanam sejak dini, because respect each other is better than get a respect. Jadi, PERBEDAAN yang harus kita pahamin adalah sebatas menghargai serta tidak membeda-bedakan satu sama lain, supaya kita juga dapat dihargai dengan baik.

(Gotcha)

Ambil contoh begini, kasus besar di dunia kayak kaum LGBT (Lesbian Gay Bisexual Transgender) yang sempet booming di tahun 2015 lalu. Mereka menuntut kesetaraan hak berpasangan kayak pasangan normal lain yang bisa menikah dan hidup damai tanpa adanya ancaman cacian dari masyarakat.

Ini adalah suatu bentuk PERBEDAAN dari sebuah bentuk pola pikir dan naluri seorang manusia yang udah memudar, patutbdihargai memang haknya dalam berpola pikir seperti itu, tapi tidak untuk diwajarkan. Karena apa? Menurut gua sendiri hal ini adalah sebuah bentuk penyakit otak dan hati yang udah gak sinkron lagi. Mungkin hanya psikolog dan orang-orang yang mengerti hal ini aja yang bisa ngejelasin teorinya kali ya... (Aku anak teknik bang... makan bang). Kodratnya kan emang kalo setiap manusia itu diciptakan berpasangan, tapi dengan yang berbeda jenis kelaminya. Di dalam Islam juga sangat dilarang keras konsep LGBT ini, maka dari itu cukup menghargai aja pola pikirnya yang seperti itu, tapi tidak untuk mewajarkan penyakit LGBT-nya.

Jadi jelas kan kenapa kalo sebuah PERBDAAN itu juga punya batasan?

(Krik krik krik...)

“Ngomongin masalah mulu bro, solusinya gimana nih?”

Solusinya adalah dengan ubah mindset kita sendiri untuk jadi lebih terbuka soal PERBEDAAN. Tapi dengan konsep batasan yang tadi... Maka coba deh untuk tanam di pikiran kita kalo sebenernya sebuah PERBEDAAN itu adalah sesuatu hal yang ngelengkapin hidup ini. Dengan PERBEDAAN, kita jadi paham semua hal baru dan kita gak merasa monoton sama hal baru tersebut. Dengan PERBEDAAN, kita jadi bisa tau karakter satu sama lain. Dengan PERBEDAAN, kita sendiri jadi bisa saling belajar untuk memahami sesuatu yang beda dan bisa untuk saling menghargai sesama. Dengan PERBEDAAN, semua hal di dunia ini jadi punya keragaman dan punya banyak keunikan dari segala sisinya.

Sejatinya, paham sama apa itu konteks dan konsep PERBEDAAN yang udah dijelasin tadi adalah, sebuah batu lompatan supaya kita jadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Ini menunjukan kalo dengan kita bisa melihat sisi dari sebuah PERBEDAAN tersebut, kita akan jadi tau, bahkan mengerti bahwa ada persatuan dan persamaan hak yang tertera di dalamnya.

Maka mulai hari ini, akuilah sebuah PERBEDAAN !

(Merdeka)




“Let’s start to learn about the context of life then you will understand what is the meaning of the concept of life”

You Might Also Like

2 komentar

  1. Bagi gue, different is something like i know full-of myself but havent know u. It needs "understanding" for each others.

    Tx buat si biji timun. Berfaedah bet:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha keren juga nih perspektifnya, makasih atas tanggapan nya ya kartika! :)

      Delete

Flickr Images